Rabu, 01 Februari 2012

TIK Paket Bab VI


 
Mengakses Internet untuk Memperoleh Informasi

Search Engine(mesin pencari)adalah sebuah program yang didesain untuk membaca kumpulan kata-kata yang diambil dari situs-situs web.Biasanya sebuah software (dikenal sebagai robot/spider) ditugaskan untuk membaca seluruh/ sebagian kata-kata disana.Hasilnya akan disimpan di dalam sebuah indeks.

Spider,robot atau web crawler menelusuri internet dengan membaca historical list(misalnya dari daftar server yang ada di internet),kemudia membuat ranking diantara situs-situsnya.Berdasarkan inilah spider menjelajahi internet.

Search Engine melakukan pengindeksan berdasarkan apa yang ada di situs( natural language ).Tidak ada penyaringan lagi( kecuali untuk Mega Tag).Karena itulah search engine paling teat jika digunakan untuk mencari informasi/konsep yang sudah jelas terdefinisi dan konsep tersebut sudah banyak digunakan.Kita tinggal menyebutkan konsep/istilahnya,kemudian,search engine akan memberi tahu dimana konsep itu berada.

KUIS.COM
1.       Mengapa dalam pencarian informasi di internet diperlukan kata kunci ?
Jawab   : Membantu pengguna untuk mengurangi langkah-langkah yang kompleks, menghemat waktu online dan meningkatkan efisiensi untuk berselancar di Internet.
2.       Bagaimana cara menyimpan file pdf atau word yang didownload di internet dan bagaimana cara mencetaknya?
Jawab : Untuk menyimpan dokumen PDF dalam format lain file:
1.      Pilih File> Save As untuk membuka dialog Save As dan klik panah untuk membuka Simpan sebagai Jenis pull-down
2.      ·  Pilih format. Ekstensi format file ditambahkan ke nama file dan tombol Settings menjadi aktif.
3.      ·  Klik Pengaturan untuk membuka dialog Pengaturan. Pilihan yang tersedia adalah khusus untuk format file yang Anda pilih.
4.      ·  Sesuaikan pengaturan dalam dialog dan klik OK untuk kembali ke dialog Save As.
5.      ·  Klik Simpan. Acrobat ekspor file Anda dalam format yang Anda pilih dan menutup dialog Save As.
Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003).Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia.Situs ini merupakan situs wiki,yang berarti siapapun dapat menyunting artikel,memperbaiki,dan menambahkan informasi,hanya dengan mengklik,pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.
Wikipedia merupakan merek dagang dari Wikimedia Foudation,Inc.yang juga telah membuat keseluruha keluarga Wiktionary,Wikisource,Wikibooks,dan Wikinews.Di Wikipedia dan proyeknya yang lain,anda diharapan berani menyunting dan turut menyumbangka pengetahua di bidang yang anda minati.

KUIS.COM
*      Apa manfaat situs ensiklopedia dan kamus online ?

Jawab :Ensiklopedia memberikan penjelasan secara lebih mendalam. Sebuah ensiklopedia mencoba untuk menjelaskan setiap artikel sebagai sebuah fenomena atau hal.
           
           

Manfaatkan kamus bahasa Inggris online untuk menambah wawasan kita tentang kosakata bahasa Inggris."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar